Sabtu, 29 Januari 2011

JANIN USIA 120 HARI SAAT RUH DITIUPKAN

JANIN USIA 120 HARI SAAT RUH DITIUPKAN

Oleh : Mohamad Fatoni Asyhari

Anak bagi orang tua merupakan buah hati belahan jiwa. Kehadirannya sangat dinanti-nantikan dan dirindukan. Semua orang tua berharap anaknya menjadi anak yang shaleh/shalehah, taat beragama, bakti orang tua, sehat, baik hati, cerdas, sukses, selamat dan bermanfaat di dunia sampai akherat. Semua harapan tersebut insya Allah akan terwujud dengan memperhatikan proses penciptaan manusia diiringi dengan program pendidikan sebelum lahir (Pra Natal Education) dan program lainnya setelah lahir.

ثُمَّ خَلَقْنَا النُّطْفَةَ عَلَقَةً فَخَلَقْنَا الْعَلَقَةَ مُضْغَةً فَخَلَقْنَا الْمُضْغَةَ عِظَاماً فَكَسَوْنَا الْعِظَامَ لَحْماً ثُمَّ أَنشَأْنَاهُ خَلْقاً آخَرَ فَتَبَارَكَ اللَّهُ أَحْسَنُ الْخَالِقِينَ
Kemudian air mani itu Kami jadikan segumpal darah, lalu segumpal darah itu Kami jadikan segumpal daging, dan segumpal daging itu Kami jadikan tulang belulang, lalu tulang belulang itu Kami bungkus dengan daging. Kemudian Kami jadikan dia makhluk yang (berbentuk) lain. Maka Maha sucilah Allah, Pencipta Yang Paling Baik. (QS. 23 : 14)

إن أحدكم يجمع خلقه في بطن أمه في أربعين يوما ثم يكون مثل ذلك علقة ثم يكون مثل ذلك مضغة ثم يرسل إليه الملك فينفخ فيه الروح فيؤمر بأربع كلمات فيكتب رزقه وأجله وعمله وشقي أو سعيد.

Sesungguhnya salah seorang diantara kalian dikumpulkan penciptaannya di perut ibunya dalam waktu 40 (empat puluh) hari, kemudian menjadi segumpal darah selama 40 hari, kemudian menjadi segumpal daging selama itu juga (40 hari), kemudian diutuslah Malaikat kepadanya dan ditiupkan ruhnya, kemudian diperintahkan untuk menuliskan 4 perkara; rejeki, ajal, amal perbuatan dan nasibnya celaka atau bahagia. (Perawi : Abdullah bin Mas’ud, kitab : Mu’jam Asy-Syuyukh, jilid 2, hal 764, derajat hadits : Shahih)

Tahap penciptaan manusia setelah terjadi pertemuan sperma dan ovum sampai ditiupkannya ruh adalah sebagai berikut :
1. Proses sperma menjadi segumpal darah, 40 hari.
2. Proses segumpal darah menjadi segumpal daging, 40 hari.
3. Proses segumpal daging menjadi tubuh yang lengkap, 40 hari.

Pada hari yang ke-120 ruh ditiupkan dan Allah SWT mengutus Malaikat untuk mencatatkan rejeki, waktu kematian, amal perbuatan dan nasibnya celaka atau bahagia. Catatan 4 perkara ini sengaja dirahasiakan agar manusia tetap berusaha menjadi yang terbaik. Manusia tahu akan takdirnya setelah suatu peristiwa telah terjadi. Ketetapan ini bukan berarti Allah SWT menzhalimi hamba-Nya jika ia celaka. Manusia tidak berhak menyalahkan Allah SWT atas ketetapan-Nya, karena Allah SWT sangat sayang terhadap hamba-Nya (QS. 6 : 12) dengan memberikan al-qur’an sebagai buku panduan, hidayah, akal, hati, panca indera, dan sarana lainnya yang terbaik yang dicontohkan oleh para Nabi dan Rasul-Nya, mengabulkan setiap permohonan (QS. 14 : 34) dan diberi hak untuk memilih perubahan dirinya (QS. 13 : 11).

Sejak wanita/ibu dinyatakan positif hamil, sebelum usia janin 120 hari dan bahkan sampai melahirkan nanti, para wanita/ibu yang sedang hamil dianjurkan untuk selalu melakukan kegiatan positif yang bermanfaat buat janin dan dirinya, diantaranya adalah :
1. Membaca Al-Qur’an.
2. Berdoa.
3. Berdzikir (Mengingat Allah dengan hati, lisan dan perbuatan).
4. Membaca shalawat.
5. Bersyukur atas segala hal.
6. Mengatur emosi saat ada hal yang kurang berkenan di hati.
7. Selalu berfikiran positif.
8. Menambah ilmu pengetahuan tentang agama, perkembangan dan kesehatan janin, persiapan melahirkan, nama-nama anak islami dan pendidikan anak.
9. Memenuhi makanan bergizi, terutama untuk perkembangan janin agar menjadi manusia yang sehat, cerdas, sukses dan kuat.
10. Menjaga kesehatan dan keselamatan diri dan janin dengan berkonsultasi kepada dokter atau ahlinya.

Sekadar informasi hasil aktifitas positif terhadap janin, di Group Titian Islam, ada video janin yang bersujud setelah mendengarkan bacaan Al-Qur’an.

Reactions:

15 comments:

Klo janin berumur 120 hari baru ditiupkan ruh,,berarti sebelumnya itu janin itu mati yah,,,dan klo dia mati maka dia tidak akan berubah menjadi segumpal darah,,,dan sebelumnya dia jadi sperma apakah sperma itu juga mati padahal klo kita liat lewat microscope keliatan jutaan sperma berenang dan bergerak kira2 siapa yg mengerakan sperma??? kesimpulannya bukan 120 hari baru ditiupkan ruh melainkan sejak menjadi sperma ruh sdh ditiupkan karna klo ga ada ruh maka ga akan terjadi pembuahan dan ga akan berkembang menjadi segumpal daging pula,,wasalam

@isat: kalo anda tahu teori fisika, anda akan tahu bahwa semua molekul begerak, bahkan benda padatpun molekul2nya bergetar. Apa menurut anda mereka itu punya ruh??? Hebat sekali anda bisa menyimpulkan sesuatu yg bertentangan dgn hadits shahih.. Top markotop!

Kepada mas Isat
terima kasih pertanyaannya. semoga bermanfaat tuk diskusi kita.
Silahkan hayati ayat sbb :
وَهُوَ الَّذِي خَلَقَ مِنَ الْمَاء بَشَراً فَجَعَلَهُ نَسَباً وَصِهْراً وَكَانَ رَبُّكَ قَدِيراً [الفرقان : 54]
Dan Dia [pula] yang menciptakan manusia dari air, lalu Dia jadikan manusia itu [punya] keturunan dan mushaharah [2], dan adalah Tuhanmu Maha Kuasa (QS. 25 : 54)
وَلَقَدۡ خَلَقۡنَا ٱلۡإِنسَـٰنَ مِن سُلَـٰلَةٍ۬ مِّن طِينٍ۬ (١٢) ثُمَّ جَعَلۡنَـٰهُ نُطۡفَةً۬ فِى قَرَارٍ۬ مَّكِينٍ۬ (١٣) ثُمَّ خَلَقۡنَا ٱلنُّطۡفَةَ عَلَقَةً۬ فَخَلَقۡنَا ٱلۡعَلَقَةَ مُضۡغَةً۬ فَخَلَقۡنَا ٱلۡمُضۡغَةَ عِظَـٰمً۬ا فَكَسَوۡنَا ٱلۡعِظَـٰمَ لَحۡمً۬ا ثُمَّ أَنشَأۡنَـٰهُ خَلۡقًا ءَاخَرَ‌ۚ فَتَبَارَكَ ٱللَّهُ أَحۡسَنُ ٱلۡخَـٰلِقِينَ (١٤)
Dan sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia dari suatu saripati [berasal] dari tanah. (12) Kemudian Kami jadikan saripati itu air mani [yang disimpan] dalam tempat yang kokoh [rahim]. (13) Kemudian air mani itu Kami jadikan segumpal darah, lalu segumpal darah itu Kami jadikan segumpal daging, dan segumpal daging itu Kami jadikan tulang belulang, lalu tulang belulang itu Kami bungkus dengan daging. Kemudian Kami jadikan dia makhluk yang [berbentuk] lain. Maka Maha Sucilah Allah, Pencipta Yang Paling Baik. (14) (QS. 23 : 12-14)
jadi semuanya itu ada prosesnya.

kalau soal logika sebaiknya dihayati ayat berikut :
إِنَّ فِى خَلۡقِ ٱلسَّمَـٰوَٲتِ وَٱلۡأَرۡضِ وَٱخۡتِلَـٰفِ ٱلَّيۡلِ وَٱلنَّہَارِ لَأَيَـٰتٍ۬ لِّأُوْلِى ٱلۡأَلۡبَـٰبِ (١٩٠) ٱلَّذِينَ يَذۡكُرُونَ ٱللَّهَ قِيَـٰمً۬ا وَقُعُودً۬ا وَعَلَىٰ جُنُوبِهِمۡ وَيَتَفَڪَّرُونَ فِى خَلۡقِ ٱلسَّمَـٰوَٲتِ وَٱلۡأَرۡضِ رَبَّنَا مَا خَلَقۡتَ هَـٰذَا بَـٰطِلاً۬ سُبۡحَـٰنَكَ فَقِنَا عَذَابَ ٱلنَّارِ (١٩١)
Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi, dan silih bergantinya malam dan siang terdapat tanda-tanda bagi orang-orang yang berakal, (190) [yaitu] orang-orang yang mengingat Allah sambil berdiri atau duduk atau dalam keadaan berbaring dan mereka memikirkan tentang penciptaan langit dan bumi [seraya berkata]: "Ya Tuhan kami, tiadalah Engkau menciptakan ini dengan sia-sia. Maha Suci Engkau, maka peliharalah kami dari siksa neraka. (191)
Penjelasan QS 3 : 190-191 di atas jelas kan ? Jadi logika kita pd posisi no 2 dan jk blm sampai kpd apa yg Allah kehendaki, sebaiknya ikuti quran dan hadis yg shahih.

Terima kasih atas jawabannya. Smg selalu sehat, selamat, sukses dan bahagia di dunia dan akherat

ruh ditiup pada usia 120 hari tapi sebelumnya Allah SWT lah yang menghendaki setetes air menjadi gumpalan hingga terbentuk gumpalan daging dan siap ditiupkan ruh. Subhanallah bahkan Alqur an dan Hadist menjelaskan secara detail semua pengetahuan yang dibutuhkan manusia

Penjelasan secara singkat menurut saya adalah "Apakah menurut Isat janin yang sebelum ditiupkan ruh itu disebut manusia?" Apakah sperma itu manusia? Jadi jangan dicampur-adukan pengertian antara suatu bentuk dengan manusia.

wadoooh. gimana sih cara berpikir Isat Senjahri ??

gini sodara, simpelnya yah.. roh itu ada disetiap ummat yang bergerak, salah satunya adalah manusia. Manusia memiliki bagian2 yang terdiri dari sel, jaringan, dll samapai ke sistem organ. sel sperma adalah bagian dari manusia yang terdapat roh. sel sperma ketika diluar bagian tubuh, memiliki batas hidup "(mampu secara produktif). saya ambil contoh Sel darah merah (hemoglobin) yang juga memiliki kadar kualitas sehat pada saat diluar bagian tubuh dan mengalami proses penggumpalan (pada saat bergumpal, hemoglobin terkontaminasi dengan zat asing menyebabkan rusak). sama halnya dengan sel sperma jika tidak terkontaminasi atau beruntung lebih cepat masuk kedalam sel telur maka dapat berkembang sesuai dengan FUNGSINYA. tumbuh dan berkembang membentuk bagian dari tubuh (yang dimkasud disini bagian dari tubuh ibu hamil). sehingga pada saatnya di tiupkan ROH kedalam calon bayi tersebut begitupula dengan derifat2nya. agar menjadi anak yang di inginkan oleh orang tuanya (singkatnya).

gag pernah donor darah sih. wkwkwk

Mau tanya, 120 hari itu apakah dihitung dari hari pertama menstruasi pada bulan terakhir haid atau bagaimana?

saya cukup tertarik dengan perbincangan ini, walaupun saya belum mengerti apa2,namun ada baiknya, pertanyaan dari mas isat, kita tanggapi sebagai sebuah pertanyaan yang menghasilkan informasi, jadi jangan di cibir,kita sama2 belajar.wasalam

kita tidak menaggapi pernyataan isat sebagai pertanyaan,justru itu pernyataan dalam rangka mengcounter attack keautentikan Al-Qur'an. silahkan di uji keautentikan Al_Qur'an selama itu tidak keluar dari batas lazim dan tidak di tafsirkan tanpa Ilmu, ya minim ahli Bahasa Arab walupun itu belum cukup.

Saya pikir, mas isat bertanya secara wajar, tidak ada yang perlu dikhawatirkan. Sampai saat ini tidak ada satu ayatpun dalam AQ yg bertentangan dengan ilmu pengetahuan, (sains)justru masih banyak membutuhkan pendekatan sains dalam memahaminya. Islam dalam sejarah gemilangnya mulai menampakkan keruntuhannya pada abad 12, karena meninggakan sains dan dimulai tertutupnya pintu ijtihad. Dan keruntuhan itu meninggakan jejak sains yang luar biasa besar manfaatnya bagi renaisans barat, hingga saat ini kita telah tertinggal jauh, karena kita mewarisi sikap memudahkan klaim sesat, bertenangan AQ dan hadist, dsb! Budaya analisa telah kita tinggalkan, padahal budaya ini juga warisan peradaban islam yg mulia. Apakah pertanyaan mas isat bertentangan dengan AQ? Tentu jelas tidak, ayat diatas justru memberikan informasi bagi manusia untuk meneliti bagaimana perkembangan manusia dari zigot hingga menjadi janin, luar biasa, banyak yang mualaf karena ayat ini, ayat pada abad 7 yang menjadi petunjuk dan tantangan dari Alloh, yang saya sayangkan mengapa kita tidak membahas keshahian hadist di atas? Jika sudah benar keshahian hadist tersebut tingga bagaimana kitabisa bijak menafsirkannya,

Dari Abdullah bin Mas’ud ra berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda, Sesungguhnya setiap kamu dibentuk di perut ibunya selama 40 hari, kemudian berbentuk ‘alaqah seperti itu juga, kemudian menjadi mudhghah seperti itu juga. Kemudian Allah mengutus malaikat untuk meniupkan ruh dan menetapkan 4 masalah…. {HR. Bukhari, Ibnu Majah, At-Tirmizy} yang saya mo tanyakan berapa umur Alaqah dan Mudhghah secara kedokteran dan artinya SEPERTI ITU JUGA Berarti ditambah ( 40+40+40) ATAU hanya 40......Dari Hudzaifah bin Usaid raberkata, Aku mendengar Rasulullah SAW bersabda, Apabila nutfah telah berusia empat puluh dua malam, maka Allah mengutus malaikat, lalu dibuatkan bentuknya, diciptakan pendengarannya, penglihatannya, kulitnya, dagingnya, dan tulangnya. Kemudian malaikat bertanya, ra Rabbi, laki-laki ataukah perempuan?` Lalu Rabb-mu menentukan sesuai dengan kehendak-Nya, dan malaikat menulisnya, kemudian dia bertanya, Ya Rabbi, bagaimana ajalnya?` Lalu Rabb-mu menetapkan sesuai dengan yang dikehendaki-Nya, dan malaikat menulisnya. Kemudian ia bertanya, `Ya Rabbi, bagaimana rezekinya?` Lalu Rabb-mu menentukan sesuai dengan yang dikehendaki-Nya, dan malaikat menulisnya. Kemudian malaikat itu keluar dengan membawa lembaran catatannya, maka ia tidak menambah dan tidak mengurangi apa yang diperintahkan
itu.

Katakanlah bahwa ruh/roh adalah urusan Tuhan. Kalian tidak mengetahuinya melainkan hanya sedikit saja. Terlalu banyak rahasia Tuhan yang belum kita ketahui. Maka beruntunglah orang-orang yang mendapatkan petunjuk dari-Nya.

Hanya Orang beriman dan berakal Sehat lah,, yang mampu memahami segala Anugerah keajaiban dari Kekuasaan Allah SWT, Akal manusia takkan bisa menjangkaunya.
Demikian itu hanyalah sebagai ujian agar kita selalu Mengimani segala Atas Kuasa TUHAN.
Wallahualam..

Alangkah baiknya dari pada kita memperdebatkan yang diluar batas kemampuan manusia. Smua itu rahasia Allah.

Mending saat seorang calon ibu mengetahui bahwa dia sedang hamil, maka lebih banyak berdoa, meningkatkan ibadah dengan memperbanyak shalat sunah selain telah melakukan shalat wajib, banyak istighfar, memmperbanyak berdzikir, bershawalat, atau memperbanyak membaca ayat suci alquran .. sert berdoa agar janin yang sedang tumbuh di dalam tubuh si calon ibu ini diberikan takdir yang baik, agar diberi kesempurnaan dalam perkembangan janin, agar kelak menjadi anak yang sholeh dan sholehah, yang selalu bertaqwa kepada Allah SWT, berbakti kepada kedua orangtua, dan bermanfaat untuk kepentingan sesama manusia. AMIN ....

Poskan Komentar